Objek Wisata Air Terjun Curug Sewu – Kendal



Setelah melewati jalanan yang berkelok-kelok dengan pemandangan hutan jati dan ladang jagung, akhirnya kami para Travel Blogger dan Disbudpar Jawa Tengah yang tergabung dalam rombongan #FamTripJateng tiba di tujuan yaitu objek wisata air terjun Curug Sewu. Curug Sewu ini adalah salah satu destinasi wisata yang berada di wilayah pantura bagian barat Jawa Tengah, lokasinya berada di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal. Kebetulan kami berangkat dari Semarang, waktu tempuh dari Semarang menuju lokasi kurang lebih 2 jam perjalanan, kalau dari pusat Kota Kendal mungkin kurang lebih 1 jam perjalanan, kondisi jalan menuju Curug Sewu cukup bagus.

Air terjun Curug Sewu memiliki keistimewaan dan keunikan tersendiri dibandingkan air terjun lainnya, total ketinggian air terjun adalah 70 meter, terdiri dari 3 susunan air terjun, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meter dan 20 meter. terlihat sangat indah dan menawan untuk dipandang, terlebih pada saat tertentu, dari antara terjunan muncul pelangi paduan aneka ragam warna yang mempesona. Kalau hanya memiliki 3 tingkat air terjun, kenapa disebut Curug Sewu ya, ada yang tau ?… ternyata nama Curug Sewu diambil dari nama desa tempat air terjun ini berada, yaitu Desa Curug Sewu.


Untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung, area objek wisata Air Terjun Curug Sewu telah dilengkapi dengan fasilitas pelengkap seperti area pandang, mushola, warung makanan, taman bermain anak, kebun binatang mini dan kolam renang, komplit deh. Setelah melewati gerbang masuk objek wisata, kita bisa melihat Air Terjun Curug Sewu dari area pandang. Selain melihat indahnya Air Terjun Curug Sewu, kita juga bisa melihat indahnya pemandangan landscape Kendal.


Tiket masuk wisata air terjun Curug Sewu sangat…sangat…sangat murah, hanya Rp. 3.500,- /orang. Namun jika mau masuk fasilitas Kebon Binatang Mini dan kolam Renang, arus mengeluarkan kocek lagi, gak mahal kok.


Curug Sewu ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Tengah lho, recomended. Akses menuju Curug Sewu cukup mudah kok, Untuk mencapai tempat inipun tidaklah susah, selain sudah tersedia angkot jurusan ke Curug Sewu (angkot warna merah), kondisi jalanpun sudah beraspal mulus, serta berkelok-kelok.tempat ini bisa ditempuh dari dua jalan utama, untuk daerah Kendal biasanya menggunakan jalur dari arah ( Weleri – Sukorejo.) Kondisi jalannyapun mulus beraspal serta berkelok-kelok. Sedangkan dari arah Magelang, Temanggung dan Wonosobo bisa melewati (Parakan - Sukorejo - Curug Sewu).



6 komentar:

  1. Kira-kira ada angkutan umum yang lewat sini nggak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada gan, naik angkot warna merah jurusan Curug Sewu dari Terminal Sukorejo.

      Hapus
  2. Dengkulnya nggak kuaaat... :D

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Objek Wisata Air Terjun Curug Sewu - Kendal".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik.

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    BalasHapus
  4. Kereen, pengin ke sana nih. Eh, tapi ada juga curug yg lebih tinggi lagi loh, curug kalipancur di kab semarang

    BalasHapus
  5. Wisata Curug Sewu Kendal,,setiap harinya air terjun warnanya coklat atau hanya di musim penghujan min??

    BalasHapus